Sabtu, 23 Agustus 2014
Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SUPER EKSEKUTIF ALA EKSEKUTIF PERUSAHAAN
 
12 Desember 2011


(Yogyakarta – haltebus.com) Pasang surut dunia transportasi bus sejak krisis moneter 1997, melahirkan dinamika dalam dunia usaha transportasi bus. Berbagai ragam corak layanan, ditawarkan. Tentunya, di sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Salah satunya yang ditawarkan oleh PO. Kalisari. Sebulan terakhir, operator bus asal Surabaya ini menawarkan layanan baru, bus eksekutif untuk very-very important person atau VVIP. “Kami menyediakan bus ini khusus untuk petinggi-petinggi perusahaan besar yang memiliki basis bisnis di Jawa Timur,” kata Vincent H. Lukito, pemilik PO. Kalisari kepada haltebus.com di Yogyakarta, Rabu (7/12/11).

Bus VVIP milik PO. Kalisari cukup unik. Tidak seperti bus khusus lainnya yang menyediakan fasilitas layaknya sebuah rumah berjalan, interior bus ini cukup sederhana. Dengan konfigurasi mirip bus-bus reguler kelas Super Ekesutif dengan kursi satu barus di deret kiri, dan dua baris di deret kanan. Hanya saja, jarak antar bangku dibuat renggang sehingga terasa lapang. Apalagi dilengkapi dengan sandaran kaki, yang memungkinkan penumpangnya mengatur kenyamanan posisi duduk.

Delapan kursi dibuat berhadapan di sisi kanan. Satu deret lainnya, di bagian depan, menghadap ke depan. Tak ada pembatas antara pengemudi dan penumpang. Kesederhanaan kabin, tak mengurangi tampilan interior kabin yang elegan. Berbalut bahan kulit sintetis yang kerap digunakan untuk produk-produk otomotif. Di setiap kursi juga dilengkapi lubang khusus, untuk meletakkan gelas atau botol air minum sehingga tidak mudah tumpah saat bus bergoyang ketika berjalan. “Bus ini memang mirip bus kelas Super Eksekutif yang umumnya kita temui di bus-bus reguler, tapi tidak meninggalkan ciri ekslusifnya sebagai bus untuk eksekutif perusahaan,” kata Vincent.

Kabin bus berbasis Mecedes-Benz OH-1526 ini, didesain mengikuti tujuan penggunaannya, perjalanan dekat dan menengah yang tak lebih dari empat jam. Namun, penumpangnya masih bisa bersantai dengan merokok di ruang khusus yang ada di bagian belakang. Disediakan sofa besar yang empuk di ruang merokok yang disekat pintu dan dinding kaca. Untuk menemani perjalanan bisnis, Vincent menambahkan fasilitas WiFi untuk koneksi internet bergerak. Dan tak lupa pula, fitur suspensi udara juga ditambahkan untuk kenyamanan selama perjalanan.

Warna bus VVIP ini cukup menyolok. Tak seperti bus-bus PO. Kalisari yang berwarna dasar krem dengan garis kuning, oranye dan merah, bus VVIP berwarna gelap, yakni hitam dorf. Ada tulisan Taman Dayu yang besar di sisi kiri dan kanan dinding bus. “Kami memang dikontrak oleh Taman Dayu untuk menyediakan bus khusus ini. Mereka mengontrak bus kami selama setahun,” katanya

PO. Kalisari menurut Vincent, sudah lama menjadi mitra Taman Dayu dan grup HM Sampoerna. Kerjasama dijalin untuk kebutuhan transportasi salah satu grup usaha besar di Jawa Timur itu. Sayang, Vincent menolak menyebutkan nilai kontraknya. Sambil tertawa kecil dia berkata, “Rahasia perusahaan.”

Meski dikontrak oleh Taman Dayu, bus VVIP Kalisari bisa disewakan untuk umum. Dengan catatan, pada pihak pengontrak tidak membutuhkan bus VVIP-nya. Vincent mengungkapkan, dalam sebulan ini, bus baru berjalan sebanyak dua kali. Sekali digunakan untuk Taman Dayu, sekali disewa pelanggannya yang lain.

Adanya bus VVIP, diakui Vincent sebagai terobosan bisnis. Selama ini, PO. Kalisari melayani sewa bus pariwisata dan mengoperasikan Patas AC trayek Surabaya – Malang. Menurut pria penggemar golf ini, ada peluang yang belum tergarap di Jawa Timur. Dia mengatakan, meski banyak perusahaan besar berbasis di Surabaya maupun Jawa Timur, tak ada bus khusus yang bisa menemani perjalanan para eksekutifnya. Di tahun 1980-1990-an, kata dia, beberapa perusahaan besar memiliki bus khusus untuk eksekutif mereka. Salah satunya PT. HM Sampoerna, yang memiliki bus khusus direksi. Namun, seiring waktu, bus-bus itu sudah dijual. “Dengan sistem sewa seperti ini, mereka tak perlu memikirkan perawatan bus,” ujar Vincent.

Vincent mengaku, bus yang baru dioperasikan 1 November lalu ini cukup menarik perhatian. Selama sebulan terakhir, tak sedikit yang menanyakan bus bertarif Rp. 3 juta sehari ini. Umumnya, kata dia, mereka menyatakan berminat menyewa.

Dalam catatan haltebus.com, bus-bus khusus dari tahun ke tahun jumlahnya bertambah sejak tahun 2006. Dimulai dari Omahmlaku milik PO. Nusantara, Kudus, hingga PO. Jackal Holliday, Bandung di tahun 2011. Bahkan ada dua unit bus khusus dengan chassis beroda 10, seperti bus milik PO. Sumber Alam Kutoarjo dan AM Trans, Bandung. Sementara bus khusus yang tertua yang masih beroperasi milik Easy Rider Motorhome. Bus yang berbasis di Jakarta ini beroperasi sejak tahun 1987. (naskah: mai/foto-foto: istimewa)
 
 
Space Iklan

Rp. 0,00

2008 MAN Noge Titanium 12.8

Rp. 119.000.000,00

Iris Bus Daily 40C14, 3.0TDi 17 seat minibus

Rp. 99.000.000,00

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     
Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Wisata    |   Iklan   |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013