Senin, 19 November 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KUNJUNGAN SINGKAT PEJABAT SCANIA DI JAWA TENGAH
 
22 Mei 2018


(Jakarta – haltebus.com) Senior Vice President Scania yang membawahi Divisi Bus, Karin Rådstrom berkunjung ke Jawa Tengah, Selasa-Rabu (15-16/5/18). Dalam kunjungan ini, Karin didampingi pejabat senior Scania lainnya, yakni Regional Sales Manager, Bo Hallberg, Director of Scania Jakarta Representatif Office Mattias Ahlin dan Technical Manager Body Builder, Ian Hooper.

Selama dua hari Karin melihat dari dekat pelanggan Scania di seputar Surakarta. Salah satu pembeli terbanyak chassis bus Scania, yakni PO. Rosalia Indah berbasis di Palur, Karanganyar, Jawa Tengah. Sepanjang tahun 2017, perusahaan yang memiliki sedikitnya 400 armada itu mulai meremajakan armada-armada lawasnya dengan pembelian 20 unit Scania K-360/4x2 Opticruise. Di tahun yang sama, Feriyanto Gini L, pengemudi bus PO. Rosalia Indah juga tercatat menjadi pemenang Scania Driver Competition Indonesia yang diadakan oleh PT. United Tractors.

Di kantor pusat PO. Rosalia Indah di Palur, Karin berdialog dengan pendiri perusahaan itu, Y. Soeroso dan Direkturnya FX. Adimas Rosdian. Menurut Adimas, yang akrab disapa Dimas, delegasi Scania itu berkunjung ke Indonesia dalam rangka menjalin komunikasi dengan pelanggan. Mereka mencari masukan dari pelanggan agar Scania bisa menjadi bahan evaluasi Scania dalam melayani pelanggan. “Mereka ingin mendengarkan keluhan pelanggan secara langsung,” kata dia.



Dalam kesempatan itu, Dimas menyampaikan, PO. Rosalia Indah menekankan pentingnya ketersediaan suku cadang dengan harga yang relatif terjangkau oleh perusahaan bus di Indonesia. Ketersediaan suku cadang, kata dia, sangat penting dalam melayani penumpang.

Ketika bus rusak, sementara tidak ada suku cadang, kata dia, pelayanan terhadap penumpang bisa terganggu. Karena itu, dia mendorong agar Scania dan PT. United Tractors bisa mengupayakan cara terbaik agar suku cadang mudah didapatkan dimana pun dan kapan pun dibutuhkan. “Selama ini Scania hanya punya PT. United Tractors yang menyediakan suku cadang dan tanggal merah pun mereka libur, kendala itu yang kami sampaikan juga ke mereka,” ujar Dimas menjelaskan.

Selain PO. Rosalia Indah, Karin dan rombongan yang juga didampingi Direktur Sales PT. United Tractors, Iman Nurwahyu, mengunjungi PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN). Sejak tahun 2014, PO. SAN menjadi salah satu mitra Scania dan PT. United Tractors selaku Agen Pemegang Merek Scania di Indonesia. Karin melihat dari dekat workshop PO. SAN, juga menjadi proyek percontohan untuk service point bus Scania. Ini adalah service point pertama Scania untuk bus antar kota.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT. SAN Putra Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, menunjukkan salah satu dari lima armada bus Scania K410/6x2*4 Opticruise mereka. Sejak awal Mei lalu, PO. SAN mengoperasikan bus maxi 3-axle itu untuk rute jarak jauh melintasi Sumatera dan Jawa. Mereka mencatatkan diri sebagai perusahaan bus pertama di Indonesia yang mengoperasikan bus maxi 3-axle antar pulau dengan jarak tempuh terjauh yakni lebih dari 2.000 Km. “Pabrikan bus belum teruji dengan baik di Indonesia kalau belum menempuh rute di Sumatera dan tanpa kendala teknis berarti,” kata pria yang akrab disapa Sani.



Selama kunjungan satu hari penuh, Karin dan timnya diajak tim PT. United Tractors dan juga Sani berdiskusi tentang transportasi bus di Indonesia. Bahkan, Sani juga mengajak Karin melihat dari dekat bus Scania yang beroperasi di terminal Kartosuro. Ketika melihat bus PO. Putera Mulya Sejahtera Scania K410IB/6x2*4 Opticruise dalam bentuk bus tingkat (double-decker), Karin langsung menyapa penumpang. Didampingi Bo Hallberg dia masuk ke dalam bus dan menyapa penumpang yang tengah bersiap menuju Jakarta. Penumpang yang beruntung, mendapat kenang-kenangan berupa cendera mata dari Scania.

Selepas Surakarta, keesokan harinya, Karin dan rombongan berkunjung ke salah satu pembuat bus yang cukup penting untuk Scania. Sejak PT. United Tractors memasok bus kota Jakarta, Karoseri Laksana yang berbasis di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menjadi mitra strategis. Menurut Direktur Teknik Karoseri Laksana Stefan Arman, kunjungan Karin Rådstrom untuk memastikan agar bus mereka bisa memiliki standar sesuai yang ditetapkan Scania. “Pada dasarnya salah satu tujuan utama dari Karin Rådstrom ini adalah untuk melihat secara langsung dan mengevaluasi kapabilitas baik dari segi kemampuan teknis, kualitas, kapasitas produksi dan aspek-aspek lainnya dari partner Scania di Indonesia,” kata Stefan.

Director of Sales PT. United Tractors, Iman Nurwahyu menjelaskan, kunjungan Karin Rådstrom adalah kunjungan reguler Scania menemui pelanggannya. Kunjungan itu terkait posisinya sebagai Senior Vice President of Buses & Coaches Scania. “Jadi berkunjung bisnis untuk melihat pasar Indonesia,” katanya. (naskah : mai/ foto : dok. Laksana/istimewa)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013